Palopo, 6 Juli 2024 – Dalam upaya mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah, dosen Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) memberikan pelatihan digital marketing dan ekonomi kreatif kepada kelompok usaha Rumah Madu Cendana. Kegiatan ini merupakan realisasi dari hibah Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Tahun Anggaran 2024.
Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bermitra dengan Rumah Madu Cendana, Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara.
Kegiatan ini merupakan realisasi dari hibah Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Tahun Anggaran 2023. Kegiatan PKM juga merupakan salah satu bentuk implementasi program MBKM yakni melibatkan mahasiswa dan dosen yang berkegiatan di luar kampus.
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Dr. Patmaniar, M. Pd. sebagai ketua tim, bersama dengan Dr. Eka Pratiwi Tenriawaru, M.Pd., dan Ulvah, S. Kom., MM. sebagai anggota. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan tiga mahasiswa UNCP.
Kegiatan ini dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara dengan Ketua Mitra Rumah Madu Cendana, Agusman, S.Pd.SD. Setelah mendapatkan gambaran mengenai kondisi dan kebutuhan mitra, Tim PkM mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mitra pada tanggal 6 Juli 2024. FGD yang bertempat di Universitas Cokroaminoto Palopo ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk serta layanan dari Rumah Madu Cendana..
Hal inilah yang menjadi alasan kami Tim pengusul sehingga bermitra dengan Mitra Rumah Madu Cendana dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi madu trigona biroi.
Dalam pelatihan ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai digital marketing, termasuk strategi pemasaran melalui media sosial dan platform online lainnya. Selain itu, aspek ekonomi kreatif juga dibahas untuk mendorong inovasi dan peningkatan nilai tambah produk madu.
Agusman mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tim PkM UNCP atas pelatihan yang diberikan. “Kami berharap ilmu yang kami peroleh dari pelatihan ini dapat diaplikasikan dengan baik guna meningkatkan pemasaran dan kualitas produk kami,” ujarnya.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi Rumah Madu Cendana dan menjadi contoh kolaborasi yang baik antara perguruan tinggi dan pelaku usaha dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal.